Saturday 17 August 2024

Tips pola kerja mahasiswa S2 dan S3

 Tips pola kerja mahasiswa S2 dan S3 (khususnya di UK). Berdasarkan pengalaman pribadi.

Harap diingat, di Inggris, topiknya sangat sempit: satu saja. tapi mesti sangat amat dalam.

(1)  cek brp minimal kata. misalnya minimal 80 rb kata. nah, nulis patokannya 80 ribu itu.terus dibagi: introduction berapa ribu, conclusion berapa, dan mau berapa bab.dibagi rata.

 2) bawa bahan2 yang terkait tesismu dari Indonesia, krn tidak ada jaminan materi2 itu ada online atau di kampus di luar negeri. Atau bisa diakses di luar. Misalnya, buku2 bhs  Indonesia, film (donlot dari yg legal).

Mulai kumpulkan referensi terkait topikmu yg berbahasa Inggris.

(3) polanya: 1 month on (nulis), 1 month off (libur, kerjain yang lain, butuh distraction).  atau disesuaikan aja. yg penting seimbang antara sebagai phd student dan kehidupan sosial lainnya

Saat off, kerjakan hobi yg menjaga kesehatan mentalmu. atau main dgn keluarga/teman dll.


(4) "write like a shark" dan "nulis tesis s3 itu seperti bikin puzzle". jadi, kl aku, nulis draft 1 semua bab (yg disepakati dgn pembimbing). dan jadinya nanti kayak puzzle yg makin lama makin utuh keliatan gambarnya.

 Tulis introduction di paling akhir.

nanti stlh  semua draft 1 semua bab ditulis, akan keliatan bolong2nya.di situ br ditambal2. stlh itu, br nulis introduction.

Setelah itu, baru dilihat lagi dari awal, dijahit, disemir. Jadi draft 2 semua.

Baru tulis conclusion & proofread

Soal Proofreader. Carilah proofreader atau kolega yang sama2 S2/S3, yang native speaker (English) DAN (baca: DAN) memang di bidang yg sama denganmu.

Kl saya, topik kajian film,cari kolega yg jg dari kajian film untuk proofread.

orang Indonesia menulis tesis dlm bahasa Inggris tentu tingkat kesulitannya ganda.

tp ingat: gak paham bhs Inggris ada 2 macam:

- yg gak menguasai tata bahasanya.

- yg gak menguasai topiknya

Byk native speaker yg kesulitan jg kok.

Ingat: risetmu, kamu yg plg memahami! PD aj

5) pilih 5 kata kunci, dan jangan beranjak dari situ. jadi JANGKAR. penting banget. jd, ruang lingkup tesis kita ditulis bdasarkan 5 kata kunci itu & irisan2nya, dan jgn berubah2. Kl berubah, cukup 1 atau maksimal 2 dan jgn bergeser jauh dr awalnya.

Kalau tidak, bakalan kemana2.

(6) ada masanya kita mesti di tahap menoreh "titik". artinya, walau nanti ad paper2/buku baru terkait risetmu, dlm tahap tertentu, cuekin aja. krn g bakalan kelar2 kl dirimu nambah2 referensi baru. referensi2 baru itu nanti aja kalau tesisnya mau dibuat buku or  dijadiin paper.

ingat! 

Tesis yang baik bukanlah yang cum laude. Tapi yang selesai ditulis, berhasil disidang, dan (pada akhirnya) lulus. dan TIMELY GRADUADE.

kiat-kiat di atas adalah saran dari pembimbing saya sewaktu S3 di Film Studies, University of East Anglia, yaitu Prof. Mark Jancovich dan Dr. Rayna Denison.

Saya berterima kasih kepada keduanya.

Terima kasih sudah menyimak.

Semoga bermanfaat.

Tetap semangat!

No comments:

Post a Comment