Sunday, 21 December 2014

Transportasi di Norwich dan Norfolk


Bagi yang akan atau baru tiba di Norwich, semoga info ini bermanfaat.
Berkaitan dengan transportasi, Norwich adalah kota yang menyenangkan, karena tidak terlalu besar. Ongkos bis (yang paling umumnya, First) memang agak mahal, baik di Norwich atau di Inggris raya secara umum. Tapi kalau kita mahasiswa, atau dibawah 19 tahun (young person), maka harganya bisa jauh lebih murah. Dan kalau sering menggunakan bis, sebaiknya beli all day ticket. Khusus untuk mahasiswa, ada bus pass tahunan yang jauh berhemat, bahkan jika kita hanya menggunakannya di akhir pekan.   Dan bis no 25 dan 26 (dulu 25 dan 25A atau 35) beroperasi hingga larut malam (sekitar pukul 2 dini hari), enak tuh yang rumahnya di dekat kampus, di sekitar city center, atau di area Golden Triangle (Unthank Road dan Earlham Road). Khususnya untuk First bus, jangan terlalu percaya dengan jadwalnya. Acap kali mereka datang 5 menit lebih awal atau terlambat. Jadi,  kasih waktu sekitar 5-7 menit tiba lebih awal di halte bisnya.

Di Norwich, Taksi tidak terlalu mahal, apalagi kalau patungan. Tapi taksi yang ngetem di tempat umum (di dekat jalan utama, atau di bandara dan terminal bis dan stasiun kereta) lebih mahal daripada taksi yang biasa. Untuk taksi regular, kita tidak bisa asal menyetop di pinggir jalan, tapi harus pesan dulu via telepon.


Urusan ke luar kota, Norwich  hanya 2 jam dari London dan 45 menit ke Cambridge—kalau saja mau jalan-jalan dan bosan dengan rutinitas sehari-hari.  Yang paling murah meriah tentu adalah MegaBus yang bisa kita beli 1 Pounds saja, jika dibeli jauh-jauh hari. Tapi Megabus leletnya minta ampun, mending pilih National Express. Keduanya bisa dicegat di terminal bis di kota atau di UEA.
Kalau mau agak cepat dan lebih nyaman, naiklah kereta api. Kalau kita punya railcard (apakah itu Family and Friends card, 16-25 card, dll) ada diskon 30%. Dan mahasiswa di atas 25 tahun, bisa tetap menggunakan 16-25 railcard tapi harus ada surat keterangan dari UEA. Dan, kalau kita beli tiket jauh-jauh hari, harganya jauh lebih murah.

Terakhir, Norwich punya bandara internasional. Tapi, saran saya, kalau tidak darurat atau ribet, sebaiknya hindari naik pesawar dari atau ke Norwich langsung, karena muahal. Sebaiknya naik dari Bandara Heathrow (London), walau jaraknya 4,5 jam kalau naik National Express (naik kereta api lebih cepat, tapi ribet, harus turun dua kali, salah satunya naik Tube alias kereta bawah tanah . ribet kalau bawa banyak barang karena ada kemungkinan naik turun tangga dan jalannya agak jauh). Kalau untuk pertama kalinya datang, atau pulang habis, naik dari Norwich airport saja. Atau, naik taksi ke Heathrow (atau bandara lainnya di London).

Bis:

Kereta Api

Bis antar kota:

Taksi
Taksi
ABC:   http://www.abctaxisnorwich.co.uk/, 01603 666333
5 Stars: http://www.5startaxis.com/, 01603555555, 0800575575
Jengis (langganan saya. Lebih murah tapi acap sibuk dan gak bisa narik): https://www.facebook.com/pages/Easy-Taxi-Norwich/239021476278328?fref=ts
07450901080

Mengelola Perjalanan
Di Norwich,  lebih mudah untuk merencanakan perjalanan.  Tak perlu Tanya orang, langsung saja cari langsung secara online.
Untuk bis, khususnya First, ada appsnya yang bisa diunduh ke smartphone. Atau coba website Traveline: Travelineeastanglia.co.uk  yang akan menjelaskan naik darimana naik apa dan berapa lama.

Jalan-jalan di sekitar Norfolk, bisa dibaca di sini: