Friday 30 December 2016

Kiprah di 2016

Tahun 2016 adalah tahun duka cita. Banyak tokoh meninggal dunia. Keadaan Indonesia, khususnya yang berkaitan dengan umat Islam dan keindonesiaan, tak kunjung beranjak menuju titik cerah.

Tentu saja banyak yang menggembirakan. Untuk level pribadi, kemajuan pesat anak saya, Medina Azzahra, adalah salah satunya (untuk ini, akan saya tulis di blog Medina). 

Sebagai mahasiswa S3,  dan terkait dengan tema riset saya seputar film cult, eksploitasi, dan B dari Indonesia, tahun ini saya tidak terlalu banyak berkiprah secara akademik, karena mengejar tenggat waktu pengumpulan tesis. Tapi ASEASUK adalah salah satu konperensi terbaik, dan terakhir, sebagai kandidat PhD.  Tapi, Insya Allah, tahun depan akan ada beberapa paper akademis saya yang dimuat di beberapa jurnal. Tunggu tanggal mainnya.

Sebagai penulis, saya berhasil menulis beberapa tulisan popular yang   dimuat di media besar seperti Kompas, Tempo, dan Rolling Stone Indonesia. 

Berikut adalah kiprah saya yang bisa saya sumbangkan untuk masyarakat sekitar.



16 February : diwawancarai oleh Cinema Poetica soal Kritik Film . Setelah itu, pada 30 April, CP juga memuat ulang paper lama saya seputar film cult/exploitasi Indonesia.


13 March, hadir di Indonesian Scholar Forum di Warwick University sebagai kordinator bidang Sen-Budaya-Agama.


7 Mei:  Brisik Band first performance, Trinity Center, Bristol.


18 Juni: Setelah lama tak dimuat di Kompas, akhirnya bersama Shandy Gasella saya masuk rubrik kolom di Kompas: http://findingjakasembung.blogspot.co.uk/2016/06/dimuat-di-kompas.html



28 June; Diwawancara  Radio PPI UK  Soal Integrated Box Office System.
  
29 Agustus 2016 Tulisan Pertama kali dimuat di Tempo sebagai Kontributor: 

10 September:  with Toby Reynolds, co-organized a double bill screeningsLady Terminator and Killing of Satan at The Cube Microplex for Scalarama Film Festival: 

16-19 September Co-organized a panel and presented a paper at Aseasuk  at SOAS London.  One of the best conferences I ever attended as a PhD student. and the last one as well.

3 October: Menulis soal Usmar Ismail di Rolling Stone Indonesia.

Ada satu lagi, yang paling menggembirakan tahun ini, dan sepertinya salah satu pencapaian terbesar saya selama ini. Tapi akan saya umumkan secara resmi di awal Februari.

Selamat tinggal 2016. Selamat datang 2017. Semoga doa, harapan,  dan mimpi kita semua terwujud.
Amien.

No comments:

Post a Comment